.
Home » » SOAL BAHASA INDONESIA 1

SOAL BAHASA INDONESIA 1

Written By Hadi Prayitno on Rabu, 28 Juli 2010 | 00.55

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program : IPA/ IPS
Hari, tanggal : Selasa, 12 Februari 2008
Pukul : 07.00 - 09.00

PETUNJUK UMUM
1.Tulis nomor peserta dan nama Anda pada lembar jawaban
2.Periksa dan bacalah soal-soal dengan teliti sebelum Anda menjawab
3.Dahulukan menjawab soal-soal yang dianggap mudah
4.Kerjakan semua soal pada lembar jawaban yang disediakan
5.Jumlah soal sebanyak 50 butir pilihan ganda
6.Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas
7.TIDAK DIPERKENANKAN MENGGUNAKAN KALKULATOR ATAU ALAT BANTU HITUNG LAINNYA,

PETUNJUK KHUSUS
1.Untuk menjawab soal, pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan salah satu huruf A, B, C, D atau E di lembar jawaban komputer
2.Untuk memperbaiki jawaban, hapuslah jawaban Anda dengan karet penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan jawaban pilihan Anda.



Paragraf berikut untuk soal nomor 1 dan 2

(1) Teknologi peningkatan batu bara kalori rendah penting dikembangkan. (2) Sekitar 60 persen cadangan batu bara Indonesia atau sekitar 36 miliar ton berkalori rendah. (3) Produksi batu bara Indonesia saat ini sekitar 170 juta ton per tahun. (4) Apabila hanya bertumpu pada batu bara kalori tinggi, produksi bisa bertahan untuk masa 150 tahun. (5) Kalau ditambah batu bara kalori rendah, bisa diperpanjang untuk 200 tahun - 300 tahun.

1. Ide pokok paragraf tersebut adalah... .
a. cadangan batu bara kalori rendah di Indonesia
b. produksi batu bara kalori rendah di Indonesia
c. pentingnya peningkatan batu bara kalori rendah
d. kurun waktu produksi batu bara kalori tinggi
e. penambahan produksi batu bara kalori rendah

2. Fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (5) dan (1)


Paragraf berikut untuk soal nomor 3 dan 4
(1) Jakarta menduduki peringkat tertinggi kasus demam berdarah musim hujan kali ini. (2) Dari sekitar 90 ribu kasus demam berdarah (DB) yang sudah dilaporkan, 30% di antaranya diderita warga Jakarta. (3) Penderitanya didominasi oleh anak-anak usia sekolah hampir 70% dari total kasus yang ada. (4) Salah satu faktornya adalah banyaknya nyamuk DB yang berkeliaran di ruang belajar anak-anak. (5) Sistem sanitasi yang buruk menjadikan DB gampang meluas di Jakarta

3. Kalimat opini dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima

4. Simpulan paragraf tersebut terdapat pada kalimat....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima


Teks berikut untuk soal nomor 5-8
Pengungsi korban lumpur panas membeludak di tempat penampungan Pasar Baru Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Diperkirakan pengungsi masih akan terus berdatangan mengingat genangan lumpur semakin tinggi dan meluas."
Kemarin tempat penampungan Pasar Baru Porong tersebut telah penuh pengungsi. Mereka berasal dari perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera I, Desa Kedungbendo, dan Desa Renokenongo. Dari data terakhir, jumlahnya mencapai 3.758 keluarga terdiri atas 13.339 jiwa. Mereka adalah korban lumpur panas pascaamblesnya tanggul di sekitar semburan lumpur panas. Peristiwa tersebut bersamaan meledaknya pipa gas Pertamina, yang terjadi 22 November lalu
Sementara itu, Presiden Republik Indonesia mengintruksikan Menteri Pekerjaan Umum untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol - pengganti tol yang melintasi Porong - Sidoarjo akibat terendam lumpur panas PT Lapindo Brantas - dalam setahun.

5. Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
a. Apa tuntutan pengungsi korban lumpur panas terhadap PT Lapindo Brantas?
b. Di mana tempat pengungsian korban lumpur panas pascaamblesnya tanggul?
c. Sampai kapan para korban lumpur panas mengungsi di tempat tersebut?
d. Berapa kira-kira kerugian PT Lapindo Brantas atas amblesnya tanggul?
e. Bagaimana cara menanggulangi amblesnya tanggul lumpur panas?

6. Apa instruksi Presiden Republik Indonesia terhadap Menteri Pekerjaan Umum?
a. Menyelesaikan pembangunan jalan tol- pengganti tol yang melintasi Porong - Sidoarjo.
b. Tanggul yang telah ambles harus secepatnya dibangun dengan yang lebih tinggi dan kokoh.
c. Para pengungsi harus segera diberikan makanan dan obat-obatan agar mereka tidak terlantar.
d. Tempat penampungan para korban lumpur panas yang memadai harus segera dibangun.
e. Pemerintah harus segera membantu para koran lumpur panas untuk mendapatkan rumah.

7. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks adalah ...
a. Pengungsi korban lumpur panas Lapindo diperkirakan akan segera kembali ke rumah masing-masing.
b. Pengungsi merupakan korban pascaamblesnya tanggul dan meledaknya pipa gas Pertamina.
c. Amblesnya tanggul disebabkan oleh lumpur panas yang menyembur terus-menerus hingga kini.
d. Korban lumpur Lapindo hingga saat ini terus bertambah karena semburan lumpur makin membesar.
e. Presiden Republik Indonesia akan membangun secepat mungkin jalan alternatif menuju Sidoarjo.

8. Rangkuman isi teks tersebut yang tepat adalah ...
a. Presiden Republik Indonesia mengintruksikan Menteri Pekerjaan Umum untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol- pengganti tol yang melintasi Porong - Sidoarjo agar masyarakat sekitar lumpur panas tidak sulit menemukan tempat pengungsian.
b. Pengungsi korban lumpur panas pasca amblesnya tanggul di sekitar semburan lumpur panas di tempat penampungan diperkirakan masih akan terus berdatangan mengingat genangan lumpur semakin tinggi dan meluas serta belum ada tanda-tanda berhenti
c. Pengungsi yang berasal dari perumahan Tanggulangin Anggun Sejahtera I, Desa Kedungbendo, dan Desa Renokenongo akan terus berdatangan mengingat genangan lumpur semakin tinggi dan meluas serta pemerintah belum menyediakan tempat tinggal.
d. Pengungsi korban lumpur panas membeludak di tempat penampungan yang sebelumnya telah penuh pengungsi dan Menteri Pekerjaan Umum hendaknya menyelesaikan pembangunan jalan tol- pengganti tol yang melintasi Porong - Sidoarjo
e. Presiden Republik Indonesia mengintruksikan kepada pemilik PT Lapindo Brantas untuk segera membangun tempat pengungsian korban lumpur panas yang jumlahnya mencapai 3.758 keluarga terdiri atas 13.339 jiwa dan memperbaiki tanggul.

Teks berikut untuk soal nomor 9 dan 10
Kenaikan BBM kali ini hendaknya jangan dipandang sebagai sebuah pencabutan subsidi, tetapi sebagai pengalihan subsidi, dari subsidi harga ke subsidi langsung. Kalaulah sekarang masyarakat bergejolak, itu adalah karena memang sudah sejak lama kita dininabobokan oleh BBM yang murah, ketika barang dan jasa lainnya terus melambung.

9. Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
a. Kenaikan BBM kali ini hendaknya jangan dipandang sebagai sebuah pencabutan subsidi.
b. Sekarang masyarakat bergejolak karena pemerintah akan mencabut harga subsidi BBM.
c. Pemerintah menaikkan harga BBM sehingga masyarakat merasakan sulit dalam kehidupan.
d. Masyarakat Indonesia sudah lama dininabobokan dengan subsidi harga BBM yang murah.
e. Harga barang dan jasa lainnya melambung tinggi sejak pemerintah menaikkan harga BBM.

10. Masalah dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ....
a. pencabutan subsidi
b. pengalihan subsidi
c. kenaikan BBM
d. kenaikan harga
e. gejolak masyarakat

11. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

Pada pertengahan tahun 2000, Menteri Negara LH di depan komisi VIII DPR RI menyampaikan hasil analisis pada salah satu dokumen RKL/RPL PT Newmont Minahasa Raya. Menteri Negara LH saat itu menyatakan ditemukannya sampel ikan lamontu yang mengandung 22,7 mg/kg arsen, dan ikan kapas-kapas yang mengandung 5,33 mg/kg merkuri (melampaui toleransi WHO sebesar 30 mg/kg). Dengan adanya ikan jenis tongkol yang telah tercemar maka ikan laut di perairan Teluk Buyat tidak boleh terlalu banyak dimakan oleh masyarakat sekitar.

Perbaikan kalimat simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
a. Dengan demikian semua ikan yang terdapat di perairan Teluk Buyat diperkirakan sudah tercemar racun dan boleh terlalu banyak dikonsumsi oleh masyarakat di sekitar teluk tersebut.
b. Dengan ditemukannya sejumlah sampel ikan telah tercemar logam berat yang relatif tinggi dapat diduga hewan laut di Perairan Teluk Buyat tidak aman dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.
c. Dengan ditemukannya jenis ikan tongkol yang mengandung merkuri, maka ikan di Perairan Teluk Buyat tidak boleh terlalu banyak dimakan oleh masyarakat sekitar teluk tersebut.
d. Karena itu, semua ikan laut yang telah tercemar di perairan Teluk Buyat hendaknya tidak diambil dan dijual kepada konsumen karena sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.
e. Karena itu, pemerintah memberikan informasi kepada masyarakat bahwa ikan yang terdapat di perairan Teluk Buyat tidak dikonsumsi oleh masyarakat karena sangat berbahaya.

12. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap Koperasi Unit Desa (KUD) di desa Sukamandiri, tercatat bermacam-macam jenis bibit unggul untuk kebutuhan para petani. Selain itu, tersedia pula berbagai jenis pupuk untuk memupuk tanaman dan beberapa macam alat pertanian, seperti cangkul, sabit, linggis, alat penyemprot obat-obatan, pisau, dan golok. Bukan itu saja, Koperasi itu juga menyediakan kredit untuk para petani. ....

Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah...
a. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Koperasi Unit Desa (KUD) di Desa Sukamandiri sudah lengkap sehingga para petani tidak perlu ke kota untuk membeli barang-barang tersebut.
b. Karena itu, kehidupan para petani Desa Sukamandiri sudah sejahtera karena semua peralatan dan obat-obatan untuk keperluan pertanian selalu tersedia di Koperasi Unit Desa (KUD) tersebut.

c. Tidak heran, jika hasil pertanian para petani Desa Sukamandiri sangat memuaskan karena obat-obatan dan alat pertanian selalu dibantu oleh Koperasi Unit Desa (KUD) tersebut.
d. Kerja sama antara Koperasi Unit Desa (KUD) Desa Sukamandiri dengan pemerintah setempat sangat diharapkan masyarakat untuk meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan.
e. Semua obat-obatan dan alat-alat pertanian yang disediakan oleh Koperasi Unit Desa (KUD) Desa Sukamandiri dapat dicicil para petani sehingga mereka merasa mudah untuk mendapatkannya.

13. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Berdasarkan hasil penelitian, mata pencaharian warga perumahan Duta Garden 30% membuka toko elektronik di Glodok Jakarta Barat; 20% memiliki pabrik garmen di sekitar Kabupaten Tangerang; 20% membuka toko kebutuhan pokok sehari-hari; 25% usaha barang-barang kelontong; dan hanya 5% yang bekerja sebagai pegawai negeri. ...

Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah
a. Karena itu, warga Duta Garden hidupnya sangat sejahtera dan mewah.
b. Oleh sebab itu, warga Duta Garden berpenghasilan sangat tinggi.
c. Tidak heran jika warga Duta Garden aktivitasnya sangat sibuk
d. Warga Duta Garden penghasilan per kapitanya di atas rata-rata.
e. Dengan demikian, mata pencaharian warga Duta Garden berwiraswasta.

14. Cermati silogisme berikut!
Premis Umum : Semua mobil diesel mempergunakan bahan bakar solar.
Premis Khusus :
Kesimpulan : Daihatsu Taft menggunakan bahan bakar solar

Kalimat yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah ....
a. Truk juga termasuk mobil diesel.
b. Solar digunakan untuk mobil diesel.
c. Truk dan Taft memakai bahan bakan solar
d. Daihatsu Taft termasuk mobil diesel
e. Tidak semua mobil diesel memakai solar.


15. Cermati paragraf berikut!
Sifat manusia ibarat padi yang terhampar di sawah yang luas. Ketika manusia itu meraih kepandaian, kebesaran, dan kekayaan, maka sifatnya menjadi rendah hati dan dermawan. Begitu pula dengan padi yang semakin berisi, maka ia akan semakin merunduk. Bila padi itu kosong, maka ia akan berdiri tegak. Demikian pula dengan manusia yang tak berakal dan tak berperasaan, maka ia akan semakin sombong dan garang. ....
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a. Semua orang yang diberikan kepandaian dan kelebihan hendaknya bersyukur dan berbuat hal-hal yang terpuji.
b. Dengan demikian padi yang isinya penuh akan menghasilkan beras yang banyak seperti halnya orang yang pandai.
c. Karena itu, kita sebagai manusia bila diberi kepandaian dan kelebihan bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk.
d. Tidak heran, semua orang pandai dan memiliki kelebihan akan mendapatkan pujian dari lingkungan sekitarnya.
e. Hendaknya kita memiliki sikap rendah hati apabila diberikan kepandaian dan kelebihan seperti padi yang merunduk.

16. Cermati paragraf berikut!
(1) Berdasarkan data Sensus Nasional terlihat bahwa sebagian besar penduduk Indonesia lebih banyak menggunakan pengeluarannya untuk makanan. (2) Pada tahun 2002 lebih dari 82% penduduk Indonesia menggunakan lebih dari 61% pengeluarannya untuk makanan. (3) Untuk penduduk miskin, persentase pengeluaran rumah tangga yang digunakan untuk makanan jauh lebih besar. (4)Untuk kelompok penduduk miskin, tidak kurang dari 69% - 72% dari total pengeluaran digunakan untuk makanan. (5) Makanan yang dikonsumsi penduduk miskin 90% gizinya tidak seimbang.

Kalimat sumbang dalam paragraf tersebut adalah kalimat... .
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima

Paragraf berikut untuk soal nomor 17 - 19
(1) Untuk mengurangi kebutuhan BBM di dalam negeri dibutuhkan upaya-upaya untuk mengurangi konsumsi BBM (konservasi) dan memanfaatkan sumber energi alternatif (diversifikasi). (2)Upaya konservasi dan diversifikasi berkaitan dengan kebijakan harga BBM dan kemajuan teknologi. (3) Selain harga BBM ditetapkan terlalu murah, konsumen tidak akan terdorong untuk menggunakan peralatan yang hemat energi dan memanfaatkan sumber energi alternatif (seperti batu bara dan panas bumi). (4) Peralatan yang hemat energi, harganya jauh lebih mahal. (5) Selain itu, berkaitan dengan devisa; upaya-upaya diversifikasi dapat dilakukan juga dengan memanfaatkan sumber-sumber energi yang tidak diekspor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

17. Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat nomor... .
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima

18. Makna kata devisa pada paragraf tersebut adalah ...
a. Barang yang dijual ke luar negeri dengan menggunakan uang luar negeri
b. Alat pembayaran luar negeri yang dapat ditukarkan dengan uang luar negeri
c. Barang-barang yang dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar
d. Alat pembayaran uang yan berlaku di luar negeri maupun dalam negeri
e. Dolar Amerika yang dapat dijadikan alat pembayaran jual-beli barang

19. Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ....
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima

20. Cermati paragraf berikut!
(1) Matahari pagi menyengat kulit. (2) Bau amis merebak ke mana-mana, cukup menyengat. (3) Lalat berpesta mengerumuni potongan tripleks ukuran 40 cm  40 cm, tempat Soleh membersihkan ikan mas pesanan pelanggannya. (4) Perut dan sisik yang dikeluarkan dari ikan telah membuat amis mengambang di udara dan memberikan kesempatan kepada lalat berpesta pora di sekitar gerobak sayur Soleh. (5) Setiap hari Soleh menjajakkan dagangannya.
Kalimat yang tidak padu dalam paragraf deskripsi tersebut adalah kalimat
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima


21. Cermati paragraf berikut!
Abrasi hebat yang terjadi di pesisir utara Jawa Barat, telah mengerus objek wisata ini. Puluhan pohon peneduh di tepi pantai, satu per satu tumbang disapu ombak. Jongko-jongko yang menjual berbagai macam makanan juga habis disapu ombak.... .

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskriptif tersebut adalah ....
a. Pohon-pohon besar yang menjulang tinggi habis ditebangi oleh petugas.
b. Para nelayan sudah beberapa hari tidak melaut karena ombaknya besar.
c. Para nelayan sibuk menurunkan ikan dari kapal dan menimbangnya.
d. Kini yang terlihat hanyalah air laut dan ombak yang berkejar-kejaran
e. Pemerintah berusaha melestarikan hutan rimba di sekitar pantai .

22. Cermati paragraf berikut!
Dua tahun di ibu kota, Soleh tidak juga mendapatkan pekerjaan. ... Setelah mempunyai sedikit modal, ia mencoba berdagang sayuran keliling kompleks. Setiap hari Soleh harus bangun pukul 01.00 untuk belanja ke pasar induk dan mempersiapkan gerobak sayur yang akan dijajakkan keliling kompleks pada pagi harinya

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf naratif tersebut adalah ...
a. Selama itu, ia hanya membantu kakaknya menggelar dagangan di Pasar Inpres 15 Cileduk.
b. la sangat menyesal meninggalkan kedua orang tua dan kekasihnya yang sangat dicintainya.
c. Orang tuanya sangat tidak setuju kalau Soleh meninggalkan kampung halaman yang sangat asri.
d. Soleh dan kakaknya setiap hari sibuk menjajakkan dagangannya di pasar Induk Keramatjati.
e. Soleh dan keluarganya setiap hari berdagang kelontongan di pasar dengan modal yang cukup besar.

23. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau-pulau yang terhampar di teluk Jakarta. Secara administratif merupakan salah satu wilayah kecamatan di Kotamadya Jakarta Utara. Kecamatan tersebut, terdiri atas empat kelu rahan, yaitu Pulau Untung Jawa, Pulau Tidung, Pulau Panggang, dan Pulau Kelapa. ....

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebut adalah ....
a. Pemerintah hendaknya memperhatikan pembangunan sekolah yang memadai.
b. Para wisatawan banyak yang datang untuk melihat peristiwa itu dari dekat.
c. Di keempat pulau itulah penduduk tinggal dalam rumah yang berhimpit-himpitan.

d. Para penduduk berangsur-angsur mengungsi karena terjadi gelombang tinggi.
e. Pada saat hujan turun terus-menerus gelombang tinggi menggerus pantai tersebut.

24. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Tanam benih langsung (Tabela) yang kini diperkenalkan kepada petani ini memiliki beberapa ... antara lain ... tenaga kerja penanaman mencapai 33 persen, umur padi lebih singkat 10-15 hari, serta hasil panen 6-16 persen lebih tinggi daripada sistem biasa.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a. unggulan, penghematan
b. keunggulan, menghemat
c. keunggulan, kehematan
d. pengungulan, penghemat
e. keunggulan penghemat

25. Cermati paragraf berikut!
Tenaga listrik merupakan energi sekunder yang dapat dengan mudah dikonversikan menjadi bentuk energi terakhir seperti cahaya, panas, dan gerak. Penggunaannya sangat luas, relatif lebih mudah dan bebas polusi. ... , banyak dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kehidupan masyarakat, dalam rangka pembangunan bangsa dan negara.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a. oleh karena itu
b. selain itu
c. di samping itu
d. kemudian
e. setelah itu

26. Cermati paragraf berikut!
Semua kata berimbuhan me-kan termasuk jenis kata kerja. Kata menaikkan dalam kalimat Pasukan Paskibra sedang menaikkan bendera berimbuhan me-kan. ....

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf argumentatif tersebut adalah ...
a. Oleh sebab itu, kata dinaikkan juga termasuk kata kerja.
b. Karena itu, Pasukan Paskibra termasuk unsur subjek.
c. Jadi frasa sedang menaikkan termasuk frasa kerja.
d. Kata berimbukan me-kan dan di-kan termasuk kata kerja.
e. Dengan demikian, kata menaikkan termasuk kata kerja.


27. Bacalah Paragraf berikut dengan saksama!
Sumber energi yang digunakan terus-menerus akan terancam habis. Minyak bumi yang ditambang terus-menerus dikhawatirkan akan habis sehingga generasi kita masa mendatang tidak dapat menikmatinya dengan baik..... Selain itu, hendaknya dikembangkan penelitian untuk menghasilkan teknologi pendaya-gunaan energi secara hemat. Agar energi kita tidak cepat habis, marilah kita bersama-sama mencari jalan keluar untuk penghematan energi.

Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a. Karena itu, sudah waktunya kita memikirkan bagaimana mencari bahan energi alternatif
b. Para ahli hendaknya sudah mulai meneliti energi matahari yang dapat menggantikan minyak bumi.
c. Sehubungan dengan kenyataan tersebut, kita hendaknya melakukan penghematan energi.
d. Minyak bumi alternatif sejak dini harus diciptakan untuk menggantikan minyak bumi.
e. Penghematan energi sejak dini harus dilakukan agar anak cucu kita tidak kehabisan sumber energi.

Tabel berikut untuk soal nomor 28 dan 29
Jumlah Penduduk Miskin (Juta) Tahun 2000 - 2006
Tahun Desa Kota Desa dan Kota
2000 12,30 26,40 38,70
2001 8,60 29,30 37,90
2002 13,30 24,10 37,40
2003 12,20 25,10 37,30
2004 11,40 24,80 36,10
2005 12,40 22,70 35,10
2006 14,49 24,81 30,30

28. Simpulan isi tabel tersebut adalah ...
a. Tahun 2000 - 2006 jumlah penduduk miskin pada umumnya mengalami penurunan.
b. Dari tahun ke tahun jumlah penduduk miskin mengalami kenaikan yang drastis.
c. Perkembangan penduduk miskin di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan.
d. Jumlah penduduk miskin desa dan kota sama jumlahnya pada setiap tahunnya.
e. Jumlah penduduk miskin desa dan kota tidak ada perbedaan yang mencolok.

29. Kalimat yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah ...
a. Jumlah penduduk miskin desa yang paling tinggi terjadi pada tahun 2000.
b. Jumlah Penduduk miskin kota yang paling tinggi terjadi pada tahun 2001.
c. Jumlah penduduk miskin desa dan kota paling sedikit terjadi pada tahun 2005.
d. Pada tahun 2004 jumlah penduduk miskin desa dan kota sama banyaknya.
e. Tahun 2006 jumlah penduduk miskin desa dan kota lebih tinggi dibanding tahun 2003

30. Cermati iklan lowongan pekerjaan berikut!
DIBUTUHKAN
Sebuah PMA Jepang membutuhkan 3 orang insinyur mesin/teknik/kimia/fisika lebih disukai berpengalaman di QS / Produksi/ Dies, bisa bahasa Inggris/Jepang/ Cina, komputer, usia 25-30 tahun.
Kirimkan lamaran ke PO BOX 254 BKS 17025 paling lambat 10 hari setelah iklan ini dimuat.
Republika, 9 Februari 2008

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat sesuai dengan iklan tersebut adalah
a. Yang bertanda tangan di bawah ini, saya Vida Rosadi, 28 tahun, sarjana teknik, dan berpengalaman di bidang mesin, mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak pimpin.
b. Saya membaca iklan Bapak yang dimuat di harian Republika, 9 Februari 2008 yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak membutuhkan tenaga pegawai yang berpengalaman dalam bidang mesin.
c. Berdasarkan iklan di harian Republika 9 Februari 2008, maka saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga ahli mesin yang berpengalaman di perusahaan yang Bapak pimpin.
d. Sehubungan dengan iklan yang dimuat di harian Republika, 9 Februari 2008, saya seorang insinyur mesin yang berpengalaman, mengajukan lamaran kerja untuk mengisi lowongan tersebut.
e. Dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan sebagai tenaga ahli mesin yang sudah berpengalaman lebih dari dua tahun sesuai dengan permintaan iklan tersebut.

31. Cermati ilustrasi berikut!
Budi Hermawan, SE lulusan SI, dilahirkan di Yogyakarta tanggal 19 September 1981, dan bertempat tinggal di Jalan Delima Raya 11, Jakarta Barat, melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan.

Penulisan yang benar pemerian identitas tersebut pada surat lamaran pekerjaan adalah
a. nama : Budi Hermawan, S.E.
tempat tanggal lahir : Yogyakarta, 19 September 1981
alamat : Jalan Delima Raya 11 Jakarta Barat
b. Nama : Budi Hermawan, S.E.
Tempat Tanggal Lahir : Yogyakarta, 19 September 1981
Alamat : Jalan Delima Raya 11 Jakarta Barat
c. Nama : Budi Hermawan, S.E
Tempat tanggal lahir : Yogyakarta, 19 September 1981
Alamat : Jalan Delima Raya 11 Jakarta Barat
d. nama : Budi Hermawan SE
tempat tanggal lahir : Yogyakarta, 19 September, 1981
alamat : Jalan Delima Raya 11 Jakarta Barat
e. Nama : Budi Hermawan S.E.
Tempat tanggal lahir : Yogyakarta, 19 September, 1981
Alamat : Jalan Delima Raya 11, Jakarta Barat

32. Atas perhatian dan pertimbangannya,diucapkan terima kasih.
Perbaikan yang tepat kalimat penutup lamaran pekerjaan tersebut adalah... .
a. Demikianlah surat lamaran ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
b. Demikianlah surat lamaran ini, mohon balasan secepatnya untuk diterima.
c. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
d. Demikianlah surat lamaran ini, atas kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.
e. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya mengucapkan terima kasih.

33. Cermati penulisan judul-judul karya tulis berikut!
(1) Pembinaan Bahasa Indonesia di Kalangan Siswa SMA
(2) Pengaruh Lingkungan terhadap Perkembangan Jiwa Anak
(3) Penggunaan tanda baca dalam karangan siswa SMA
(4) Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Cerpen Remaja
Penulisan judul karya tulis yang sesuai dengan EYD adalah nomor
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (2) dan (4)
e. (1) dan (4)

34. Bacalah Paragraf berikut dengan saksama!
(1) Tentunya orang tua atau usia kerja masih bantu penduduk usia 0-14 tahun. (2) Jumlah mereka sekitar 29 persen dari seluruh penduduk Indonesia. (3) Ditambah kelompok usia uzur sekitar 8 persen (60 tahun ke atas), maka angka beban tanggungan menjadi 59. (4) Artinya setiap 100 orang penduduk usia produktif di Indonesia masih harus menanggung 59 orang lain selain dirinya.
Perbaikan kalimat pertama dalam kutipan karya ilmiah tersebut yang tepat adalah ...
a. Tentunya orang tua yang masih kerja harus bantu penduduk usia 0-14 tahun.
b. Diharapkan orang tua yang berpenghasilan cukup bantu penduduk usia 0-14 tahun.
c. Tentunya orang tua yang masih segar-bugar harus membantu anak-anak.
d. Penduduk usia 0-14 tahun itu tentunya masih dibantu oleh orang tua atau usia kerja.
e. Orang tua atau usia produktif tentunya masih harus bantu penduduk usia 0 - 14.

35. Cermati tema karya tulis berikut!
Dampak Pesatnya Perkembangan Teknologi Informasi Internet Terhadap Pola Pikir Pelajar SMA

Latar belakang karya tulis yang tepat sesuai tema tersebut adalah ...
a. Membentuk pola pikir pelajar SMU yang individualis, sekuler, dan menurunkan kualitas moral mereka.
b. Membentuk pola pikir pelajar SMU yang rasional, sistematis, modem, dan berorientasi ke depan.
c. Masih banyak pelajar yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi informasi internet secara optimal.
d. Memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi internet dalam pembelajaran.
e. Meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas dengan memberdayagunakan teknologi informasi internet.

36. Cermati ilustrasi berikut!
Pembaca akan mendapatkan informasi tentang sejarah dalam buku sejarah "Dari Buku ke Buku, Sambung Menyambung Menjadi Satu yang ditulis oleh P. Swantoro walaupun temanya beraneka ragam.

Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan buku sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah....
a. Membaca buku "Dari Buku ke Buku, Sambung Menyambung Menjadi Satu" kita akan menemukan fakta sejarah.
b. Buku sejarah yang ditulis P. Swantoro ini mengajak para pembaca untuk memahami fakta sejarah pada setiap periode.
c. Banyak fakta sejarah yang ditulis P.Swantoro dalam buku ini yang kurang dikenal di masyarakat Indonesia.
d. Buku "Dari Buku ke Buku, Sambung Menyambung Menjadi Satu" yang ditulis oleh P. Swantoro sangat bermanfaat.
e. Para pembaca akan terbantu mendapatkan informasi tentang sejarah jika membaca buku Swantoro ini dengan cermat.

37. Cermati ilustrasi berikut!
Novel "Pergolakan" dikarang oleh Wildan Yatim yang pernah sekolah di Ibtidaiyah Muhammaddiyah ketika berumur dua belas tahun. Novel ini memenangkan hadiah ketiga dalam Sayembara Mengarang Roman Panitia Tahun Buku Internasional DKI.
Kalimat resensi yang mengungkapkan kepengarangan buku sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
a. Wildan Yatim sering mendapatkan penghargaan dari Panitia Tahun Buku Internasional DKI dalam rangka penulisan novel tingkat internasional.
b. Buku novel Wildan Yatim bertajuk "Pergolakan " telah memenangkan hadiah ketiga dalam Sayembara Mengarang Roman Panitia Tahun Buku Internasional DKI.
c. Wildan Yatim yang pernah sekolah di Ibtidaiyah Muhammaddiyah ketika berumur dua belas tahun ini menulis novel "Pergolakan" untuk mengikuti sayembara.
d. Wildan Yatim kembali mendapat Penghargaan Mengarang Roman dari Panitia Tahun Buku Internasional DKI melalui novel "Pergolakan".
e. Wildan Yatim yang mengarang novel bertajuk "Pergolakan" pernah mengenyam sekolah di Ibtidaiyah Muhammaddiyah ketika berumur dua betas tahun.
38. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagai penyerap air banyak yang ditebang.
(2) Kemarau tahun ini cukup panjang.
(3) Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan tanahnya.
(4) Karena itu, tidak mengherankan jika panen di desa itu selalu gagal.
(5) Di samping itu, irigasi di desa itu tidak lancar.

Urutan kalimat yang tepat sehingga menjadi paragraf yang baik adalah ...
a. (2), (1), (5), (3), dan (4)
b. (2), (5), (3), (1), dan (4)
c. (1), (5), (3), (2), dan (4)
d. (5), (3), (1), (4), dan (2)
e. (1), (3), (5), (2), dan (4)

39. Bacalah Paragraf berikut dengan saksama!
Hari berganti. Setiap jaman mempunyai kebudayaannya sendiri-sendiri. Konsep itu pun mengalami definisi baik sebagai a set of value atau a set of knowledge maupun sebagai a rule of behavior. Pada gilirannya, masyarakatlah yang paling berhak menyeleksi, mana nilai dan pengetahuan yang relepan dipergunakan untuk mengapresiasi lingkungan alam dan sosial yang dihadapi dalam upaya pemenuhan kebutuhan hidup mereka.

Pengganti kata tidak baku dalam paragraf tersebut adalah ...
a. jaman > zaman definisi > depinisi relepan > relefan
b. jaman > jaman definisi > definisi relepan > relevan
c. jaman > zaman definisi > definisi relepan > relefan
d. jaman > zaman definisi > definisi relepan > relevan
e. jaman > jaman definisi > definisi relepan > relefan

Puisi berikut untuk soal nomor 40 dan 41

.......
Bagimu negeri
Menyediakan api
Punah di atas menghamba
Binasa di atas ditindas
Sungguhpun dalam ajal baru tercapai
Jika hidup harus merasai
Maju
Serbu
Serang
Terjang



40. Makna lambang "menyediakan api " dalam penggalan puisi tersebut adalah
a. menghidupkan api
b. persiapan berjuang
c. menyalakan api
d. semangat hidup
e. semangat mane

41. Amanat yang ingin disampaikan pengarang dalam penggalan puisi tersebut adalah ...
a. Tantangan dan hambatan selalu datang dalam hidup
b. Sebuah negeri yang megah ini hasil perjuangan
c. Kita harus memiliki semangat juang yang tinggi
d. Memperjuangkan negeri dengan harta dan nyawa
e. Kita harus meniup api perjuangan di negeri ini

Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 42 s.d. nomor 44

Sukri meraba pisau belati di pinggangnya. Dia menanti bis melintas di halte. Kemudian tidak lama setelah itu sebuah bis berhenti. Dia melompat naik ke dalam bis. Dia duduk di pinggir dekat jendela. darahnya masih tetap mendidih. Dia raba pisau belatinya. Dia lihat dari balik kaca bis, skuter menyelip bis yang ditumpanginya. Dia marah melihat skuter itu. Dia raba pisau belati di pinggangnya. Dia buka pintu pagar rumah Sumarni. Dia lihat skuter diparkir di pekarangan. Sumarni duduk berdua dengan pengendara skuter itu. Dia menyelinap di balik belukar mawar.
Sukri Membawa Pisau Balati, Hamsad rangkuti

42. Latar yang ditempati tokoh Sukri dalam penggalan cerita tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. di halte, dekat bis, depan pintu rumah Sumarni
b. rumah Sumarni, di balik jendela, di halte
c. di pekarangan, di balik jendela bis, dalam bis
d. di halte, dalam bis, di pinggir jendela bis
e. di atas skuter, di pekarangan, di balik belukar mawar

43. Watak Sukri dalam penggalan cerita tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ....
a. pendendam
b. pencemburu
c. penghayal
d. pemarah
e. pendusta

44. Cara yang digunakan pengarang untuk mendeskripsikan sifat Sukri dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
a. penjelasan langsung
b. pikiran-pikiran tokoh
c. penggambaran sekitar
d. tanggapan tokoh lain
e. dialog antartokoh


Kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 45 s.d. 48
Ia berusaha untuk berubah, namun sebagian tetangga tidak mau menerimanya. Cemoohan, celotehan yang tak sedap serta gunjingan tiap hari ia terima. Maka ia merasa tak tahan membendung luapan naluri kejagoannya. " Hoooii... ayolah berkelahi denganku. Jangan omong di belakang doang. Ayo maju siapa yang berani, katanya berapi api. Yang maju justru istrinya.
"Lupa? Kan, Mas sudah janji berubah," ucap istrinya lembut.
"Diam kamu!! Bentaknya begitu saja," Mereka telah mengucilkan kita."

45. Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen di atas adalah....
a. beban moral kembali ke jalan yang benar
b. perasan tertekan menjadi bekas jagoan
c. orang yang lari dari kenyataan
d. perasan malu mengakui kesalahan
e. orang yang marah karena dikucilkan

46. Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah....
a. perkelahian batin antara ia dengan preman
b. ia dicemooh dan dikucilkan tetangga
c. perseteruan antara jagoan dengan tetangga
d. ia tak tahan membendung amarahnya
e. ia malu karena pernah berbuat salah

47. Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerpen tersebut adalah.
a. orang ketiga sebagai tokoh utama
b. orang ketiga bukan tokoh utama
c. orang pertama bukan tokoh utama
d. orang pertama sebagai tokoh utama
e. orang pertama sebagai pencerita


48. Karakter/watak tokoh ayah dalam kutipan cerpen tersebut adalah....
a. cepat tersinggung
b. dapat menahan marah
c. emosional dan pemarah
d. pemarah dan egois
e. sabar dan tawakal

Kutipan naskah hikayat berikut untuk soal nomor 49 dan 50
Syahdan akan Permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputera laki-laki yang baik parasnya. Maka kata Permaisuri: " Kakang Aji, ingin pula rasanya kita ini peroleh anak." Maka kata Nata: " Sungguh seperti kata Tuan; Kakanda pun demikianlah juga bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan pun Yayi, akan jadi ganti pun Kakang di dalam dunia ini, kalau-kalau kita kedua dikehendaki oleh sang yang sukma, kembali ke kayangan kita. " Maka kata Permaisuri: Kakang Aji marilah kita memuja pada segala Dewa-Dewa memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewata mulia raja akan kita akan anak ini."

49. Isi Kutipan hikayat tersebut adalah ....
a. kembalinya sang Dewa ke kayangan
b. permohonan kepada dewa akan kebahagiaan
c. rasa hormat seorang istri terhadap suami
d. seorang anak yang berparas cantik/ganteng
e. keinginan dianugerahi seorang putra

50. Amanat yang sesuai dengan kutipan hikayat tersebut adalah
a. Janganlah memuja kepada benda-benda mati.
b. Berdoalah jika kita menginginkan sesuatu.
c. Bersabarlah jika kita mendapatkan cobaan.
d. Bersikap baiklah kepada suami atau istri.
e. Hindarilah perbuatan yang tidak terpuji.


-oOo-
Share this article :

0 komentar:



 
Support : Tohib Mustahib
Copyright © 2013. BAHASA DAN SASTRA INDONESIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger