.

Written By Hadi Prayitno on Jumat, 07 Januari 2011 | 19.42

MATERI BAHASA INDONESIA
KELAS XII SEMESTER 2
JURUSAN IPA DAN IPS

1. MENDENGARKAN MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
Indikator:
 Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
 Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
 Menulis ringkasan isi informasi
 Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman
 Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
 Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman
Materi:
 Pengertian informasi
 Jenis-jenis informasi
 Pengertian ringkasan dan ikhtisar
 Cara mengajukan saran yang baik

2. BERBICARA MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
 Mempresentasikan program kegiatan/proposal
 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Indikator:
 Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
 Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal
 Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
 Menulis teks pidato dengan tema tertentu (dikumpulkan sebelum berpidato)
 Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
 Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
 Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
Materi:
 Pengertian proposal
 Jenis-jenis proposal
 Sistematika proposal kegiatan
 Contoh proposal kegiatan
 Pengertian pidato
 Jenis-jenis pidato berdasarkan cara penyajiannya
 Cara berpidato yang baik

3. MEMBACA MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
 Menentukan kalimat simpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif


Indikator:
 Menemukan ide pokok
 Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
 Menemukan paragraf yang berpola induktif
 Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
 Menemukan paragraf yang berpola deduktif
 Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
 Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung
Materi:
 Pengertian membaca
 Pengertian membaca cepat
 Teknik membaca cepat
 Rumus membaca cepat
 Pengertian paragraf deduktif
 Pengertian paragraf induktif
 Pengertian pengembangan paragraf generalisasi, analogi, dan sebab akibat

4. MENULIS MATERI BAHASA
Kompetensi Dasar:
 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Indikator:
 Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
 Menyunting karangan berpola deduktif induktif
 Menentukan topik untuk menulis esai
 Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
 Menyusun paragraf pembukaan
 Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
 Menyusun paragraf penutup
 Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
Materi:
 Pengertian paragraf deduktif
 Pengertian paragraf induktif
 Pengertian pengembangan paragraf generalisasi, analogi, dan sebab akibat
 Pengertian esai
 Jenis-jenis esai
 Cara menulis esai yang baik

5. MENDENGARKAN MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
Indikator:
 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
 Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar
 Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
 Menyampaikan simpulan isi teks drama
 Membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan


Materi:
 Pengertian drama
 Jenis-jenis drama
 Jenis unsur-unsur intrinsik drama (tema, penokohan, alur, amanat, latar)

6. BERBICARA MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Indikator:
 Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
 Membacakan gurindam
 Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
 Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
 Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
 Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Materi:
 Pengertian puisi lama dam puisi baru
 Perbedaan puisi lama dan puisi baru
 Jenis-jenis puis lama
 Pengertian gurindam
 Ciri-ciri gurindam
 Contoh gurindam

7. MEMBACA MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
Indikator:
 Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
 Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
 Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
 Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
 Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
 Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode
 Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)
Materi:
 Pengertian puisi
 Jenis-jenis puisi
 Pengertian puisi kontemporer
 Ciri-ciri puisi kontemporer
 Tema puisi kontmporer
 Bentuk puisi kontempore
 Diksi puisi kontemporer
 Karakteristik karya sastra tiap angkatan
 Perbedaan karakteristik angkatan tiap periode

8. MENULIS MATERI SASTRA
Kompetensi Dasar:
 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
Indikator:
 Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
 Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
 Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan esai
 Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
Materi:
 Pengertian kritik sastra
 Ciri-ciri kritik sastra
 Cara penulisan kritik sastra
 Contoh kritik sastra
 Pengertian esai sastra
 Ciri-ciri esai sastra
 Cara penulisan esai sastra
 Contoh esai sastra
Share this article :

0 komentar:



 
Support : Tohib Mustahib
Copyright © 2013. BAHASA DAN SASTRA INDONESIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger